MENU

Lantai Kayu Parket / Parquet Solid, Solid Engineered, Laminated (HDF) & Vinyl.

Ada beragam aneka penutup lantai dengan tampilan kayu yang dapat membawa kealamian, menambah nilai estetika serta menjadikan Anda semakin merasa nyaman dengan hunian yang Anda singgahi.
Kita semua sudah familiar bahwa penutup lantai dari bahan material kayu untuk indoor itu biasa disebut lantai parket / parquet sedangkan untuk outdoor biasa disebut decking.
Lantai parquet / parket sejatinya ada 3 macam pilihan bahan material yaitu solid, solid engineered dan laminted.
Lantai parquet solid adalah bahan material parquet yang terbuat dari 100% kayu utuh. Biasanya jenis kayu yang digunakan termasuk golongan kayu yang kuat, keras serta memiliki serat yang indah sehingga cocok diaplikasikan untuk lantai. Jenis-jenis kayu tersebut diantaranya: jati, merbau, kempas, bengkirai dsb.
Dikarenakan parquet solid terbuat dari bahan material kayu utuh, Anda dapat me refinish apabila ada bagian yang terkena goresan cukup dalam dengan cara men dempul pada bagian tersebut kemudian dapat di cat vernish ulang apabila permukaan kayu sudah kusam. Pekerjaan refinish dapat dlakukan berulang-ulang sesuai dengan kondisi yang ada sehingga lantai parquet solid Anda senantiasa tampak baru serta awet hingga puluhan tahun pemakaian bahkan lebih.
Adapun lantai decking yang biasa di aplikasikan untuk lantai outdoor itu sama-sama terbuat dari 100% kayu utuh namun harus dari jenis kayu yang masuk kategori kayu besi seperti kayu ulin, bengkirai, merbau dan kempas. Sehingga akan tahan terkena air hujan serta panas terik matahari langsung.
Ada juga parquet solid engineered (semi solid) yang masuk dalam kategori parquet olahan karena terbuat dari lapisan-lapisan kayu yang berbeda dalam setiap batangannya. Biasanya lantai parquet jenis ini menggunakan lapisan permukaan (top layer) dari kayu oak, maple, rosewood & nyatoh. Ketebalan lapisan permukaan kayu tersebut antara 3 - 5 mm dari total ketebalan antara 12 - 15 mm, sehingga kayu lapisan bawah yang tebalnya antara 7 - 12 mm biasanya menggunakan lapisan teak wood.
Pada umumnya parquet solid engineered sudah di finishing pabrikan menggunakan ultra violet coating (standar finishing pabrik), sehingga tinggal pasang saja sesuai dengan ukurannya masing-masing. Namun, Anda pun masih bisa me refinish parquet jenis ini setelah permukaan cukup pudar dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kondisi yang ada.
Kemudian jenis parquet yang terakhir dinamakan parquet laminated atau biasa juga disebut parquet bahan High Density Fiberboard (HDF). Teknologi ini berasal dari Jerman, terbuat dari serbuk kayu halus yang diberi lem lalu di press dengan komposisi yang sangat padat sehingga menghasilkan bentuk papan yang kokoh serta ukuran sesuai dengan yang diinginkan. Pada bagian permukaan parquet laminated dilapis laminasi anti gores dengan berbagai macam motif menyerupai serat kayu asli, sedangkan lapisan paling bawah menggunakan bahan fiber yang kegunaan utamanya untuk menahan air supaya tidak tembus kedalam bahan HDF sehingga parquet laminated ini dapat tahan lama.
Kelebihan parquet laminated ini selain harganya lebih terjangkau dibanding parquet solid atau solid engineered adalah pemasangan lebih mudah, tanpa harus menggunakan lem karena terbentuk sistem pengunci (click system) pada setiap batangannya sehingga suatu saat apabila Anda ingin membongkarnya kembali untuk dipindahkan keruangan lain Anda tidak perlu mendobrak hingga menyebabkan kerusakan pada setiap sambungannya karena Anda cukup mengangkat batangannya dari bagian paling pinggir setelah itu dengan mudah Anda dapat mengangkat setiap batangan yang telah terpasang sesuai dengan susunannya.
Adapun produk penutup lantai dengan tampilan corak kayu yang terbaru ialah lantai vinyl, terbuat dari bahan dasar karet yang dilaminasi aneka pilihan motif kayu sehingga lantai vinyl ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan penutup lantai dengan corak kayu yang tahan terhadap air dan tentunya dengan budget yang lebih terjangkau.
Setiap jenis produk penutup lantai ini memiliki accessoriesnya masing-masing sehingga akan tampak matching sesuai dengan jenis bahan material yang dipasang.
Untuk info lebih jelas, jangan sungkan untuk menghubungi kami meskipun sekedar bertanya-tanya dahulu. 

32 comments:

karmela said...

makasih Mas, yg dipasang di pura, bagus....smg nanti bisa nambah ke ruang yg lain...

Arpan Parquet said...

makasih kembali Bu Mela, ya semoga bisa nambah keruangan yang lain... Semoga kita sama2 lancar dan sukses. Salam...

Wendy said...

Mas Arpan, mau tanya, untuk HDF, teknis pemasangan seperti apa?apakah keramik yang sudah ada perlu dibongkar ato gmn?

Bahan penunjang apa saja yang diperlukan untuk pemasangan HDF?artinya, apakah saya perlu menyediakan bahan penunjang lain selain dlm paket pembelian?

Mohon saran, karena saya tertarik dengan HDF, tapi saya perlu menghitung dana yang akan diperlukan

Terima kasih

Arpan Parquet said...

Ok Pak Wendy, kalo untuk bahan HDF sistem pemasangannya lebih mudah dan cepat...
Pemasangan tanpa menggunakan lem karena sudah ada sistem pengunci untuk menyambungkan antara batangan satu dengan batangan yang lainnya, apabila lantainya sudah dipasang keramik maka Bapak tidak perlu membongkar keramiknya, kami tinggal melapisi keramiknya menggunakan busa khusus atau biasa disebut foam underlayer setelah itu kami pasang papan-papan parket HDF diatas keramik yang sudah dilapis foam underlayer...
Bahan penunjang semuanya sudah termasuk kedalam paket, paling tambahan accessoriesnya aja seperti plin dsb. yang belum termasuk kedalam paket, accessories tsb hanya sebagai pelengkap, ini tergantung bentuk ruangan yang akan dipasangi parket dan biasanya biaya yang harus dikeluarkan untuk tambahan accessories tidak lebih dari 10% dari luas ruangan yang dipasangi parket sesuai bahan yang dipilih...
Emang Pak Wendy mau pasang didaerah mana ? Kira-kira berapa m2 luas ruangannya ?
Terimakasih. Salam...

Anonymous said...

Saya sangat tertarik dengan lantai kayu. Jadi mohon jawab beberapa pertanyaan saya.
Syarat2 apa saja bagi sebuah rumah untuk bisa pasang lantai kayu?
Apakah rentan rayap, kecoa, tikus dll?
Kira2 untuk harganya per meter dan biaya pemasangan berapa ya?
Misalnya untuk ruangan 7 x 7 m, saya harus mengeluarkan biaya berapa?
Apakah perawatannya ribet dan biayanya mahal?
Maaf kalau saya banyak bertanya…
Mohon segera dijawab, thanks.

Arpan Parquet said...

Ok, syarat sebuah rumah untuk bisa pasang lantai kayu parquet gak terlalu ribet cukup dasarnya saja yang diplester dan diaci, atau kalau untuk lantai atas bisa juga dasarnya itu pakai papan-papan yang panjang sebelum dilapis lantai kayu parquet. . .
Jangan khawatir mengenai rayap, kecoa dll. Karena lantai parquetnya sendiri sudah diproses dengan menggunakan formula anti rayap dll. . .
Harga per meter macam-macam tergantung bahannya, karena lantai parquet ada dari 3 macam bahan yaitu: laminated (sejenis kayu partikel board), solid engineered (kayu lapis-lapis) dan solid (100% kayu utuh). Harganya mulai dari Rp. 195000-Rp. 310000/m2 ( sudah termasuk pemasangan dll)
Biaya yang harus dikeluarkan utk ruangan 7x7m, kira-kira antara Rp. 9.750.000-Rp. 15.500.000
Perawatannya kalau ada yang kotor cukup dilap pakai kain yang lembap saja atau jika kotorannya hanya berupa debu bisa juga dibersihkan menggunakan vacum cleaner. . . Thanx

Anonymous said...

pak arpan, saya mau nanya ne..
saya mau tanya tentang parquet, kalo untuk gedung kesenian bagus nya pake yang mana?
Harga per M2 (terpasang) nya brp?
spesifikasi parquet nya boleh saya minta ga?
sebagai catatan,lokasi saya di padang, sumatera barat..
terima kasih atas bantuan nya pak..

Anonymous said...

pak arpan, saya ada rencana pasang parquet , tp berhubung rmhny masih dlm pembangunan developer boleh tanya dulu yaa...ada alamat email pak , biar saya bisa kasih denah ruanganny, agar bisa dietimasii??? terimakasih,.pepi, alamat email saya di se_moeh@yahoo.com

Arpan Parquet said...

boleh ibu pepi bisa email denahnya ke: lantai.parket@gmail.com
terimakasih, salam, arpan

Anonymous said...

Salam kenal, ruangan dapur apa bagus dipasang solid wood? Klo tangga bagusnya pakai kayu jenis apa? Thks sebelum dan sesudahnya.

Arpan Parquet said...

Iya, ruang dapur sangat bagus dipasang solid wood dan untuk tangga pun lebih cocoknya dipasang solid wood karena lantai tangga pemakaiannya lumayan sibuk jadi dibutuhkan kayu yang kuat seperti solid.
Thanks,
Salam
Arpan Parquet

Anonymous said...

mas saya mau tanya kira2 punya kayu kelapa mas dan blh tau harganya brapa kira2????

Arpan Parquet said...

untuk saat ini stock parket kelapa nya kehabisan, kisaran harga antara Rp.340.000-Rp.460.000/m2 (tergantung ukuran)
thanks

Anonymous said...

ASlmkm..Mas arpan.....saya rencana untuk memasang parquet,,,ukuran ruangnya 3x6 m ..fungsi ruang ini yaitu untuk tempat menonton TV..kira-kira parquet jenis bahan dan warna apa yg cocok untuk ruang tersebut? (harga yang terjangkau..hehhehe)...
oiya mas arpan, kebetulan saya juga tinggal di bogor, boleh minta alamat lengkapnya di bogor?(bisa via email) siapa tau saya bisa berkunjung untuk melihat model yg ada...Trims..alamat email saya mr_firda@hotmail.com..

trims

Arpan Parquet said...

Walkmslm...
Baik akan sy email ke mr_firda@hotmail.com
Thanks

Anonymous said...

Mas Arpan,kebetulan saya lagi bangun rumah daerah pamulang mau tanya brpa biaya untuk ruangan kamar 3x3 m pakai parquet solid sudah termasuk finishing??klo rumah sudah di keramik apakah bgus menggunakan parquet solid??email ke dipatruye@yahoo.com

thanks
Dipa

Arpan Parquet said...

Pak Dipa, emailnya sudah saya kirim, silahkan di cek


Thanks
Arpan

Anonymous said...

Mas Arpan,
saya rencana mau pasang parquet untuk kamar tidur ( uk. 3 X 4 ) n ruang tengah ( 2.5 X 3 ), kira2 berapa biaya nya termasuk pemasangan? lokasi rumah saya di depok.

thank you

andre
( aan.kadir@gmail.com )

Arpan Parquet said...

Iya Pak Andre,
silahkan di cek emailnya.

Thank you

Anonymous said...

siang mas saya mau tanya, saya ingin memasang papan parket di lantai 2 rumah saya, jadi pakai under layer apa ya yg bagus supaya tidak kedengeran suara langkah kaki di lantai 2 dengan lantai dibawahnya. terima kasih atas jawabannya ya mas.

Anonymous said...

Pak, boleh tanya ?

Saya berencana pasang parket untuk 2 kamar tidur ukuran 2 x 12M... (mau nya semua di pasangin parket...he..he...) boleh di email ke saya perkiraan biaya nya dan untuk tanya-tanya lebih lanjut pak ? Email saya : mikail.rozanov@gmail.com.

thanks. Rozanov

Anonymous said...

Pak, boleh tanya ?

Saya berencana pasang parket untuk 2 kamar tidur ukuran 2 x 12M... (mau nya semua di pasangin parket...he..he...) boleh di email ke saya perkiraan biaya nya dan untuk tanya-tanya lebih lanjut pak ? Email saya : mikail.rozanov@gmail.com.

thanks. Rozanov

Anonymous said...

Pak, boleh tanya ?

Saya berencana pasang parket untuk 2 kamar tidur ukuran 2 x 12M... (mau nya semua di pasangin parket...he..he...) boleh di email ke saya perkiraan biaya nya dan untuk tanya-tanya lebih lanjut pak ? Email saya : mikail.rozanov@gmail.com.

thanks. Rozanov

Anonymous said...

Pak, pasang parket untuk ruangan 5x7 kena biaya brp ya? Parket solid engineered dan laminated... Mohon inbox ke abasht_7@yahoo.com
Makasih

Anonymous said...

Pak. kira kira pasang parket untuk Apartement type 31. dengan 2 kamar tidur berapa yah..? mohon info ke ntohir@jisedu.or.id

thanks

Anonymous said...

Mau tanya pak,
papan solid untuk anak tangga pilihannya apa saja pak?

info ke email ya pak,
adi.mustopa@yahoo.co.id

Anonymous said...

Pak saya ingin menanyakan papan kayu utk tangga ada kayu apa aja yah? dan untuk ukuran bebas atau sudah ada standartnya. kira2 finishing utk papan tangga ada apa saja yah? tks

ronny.juardhie@gmail.com

yuri astoria said...

boleh ikut nanya? ,,,,

saya berencana mau pasang lantai kayu, apakah bisa dipasang di atas lantai langsung...menempel dengan lantai...

untuk ukuran 3x3 berarti luasnya 9m kena biaya berapa y ?


penggunaannya untuk diruangan dapur..

bisa dijawab disini atau di email ke astoriavega@hotmail.com

Anonymous said...

Kalau buat appartement kecil ukuran 30 M2 pilihannya ada apa aja ya. Kira2 biaya brp ya
Info ke email ya pak
Terimakasih
olay.wina@gmail.com

Gallery Parket said...

Dear para pelanggan yang budiman,

Jangan sungkan untuk tulis komentar anda seputar pertanyaan, saran dan berbagai bahasan lain khususnya seputar lantai kayu parket / parquet.
Kami pasti akan segera respon terutama lewat akun email anda.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Salam,
Mas arpan




Arif saputro said...

Assalamu alaikum mas arpan,mau nanya harga lantai kayu yg paling tahan/ awet yg jenis apa ya, dan untuk pemasangan di wilayah saya bgaimana,saya tinggal di lampung. Mohon kirim rincian harga per meter,agar saya bisa bisa mnghitung dana yg harus saya kluarkan, untuk rumah ukuran 9x8 ,trims

Gallery Parket said...

Waalakum salam mas Arif,
Baik mas, sy email aja ya penawaran jenis bahan material parket serta harga yang terbaik buat mas Arif.

Terima kasih :)